Perjalanan Islam dari Masa ke Masa*

thumbnail

Oleh: Fatichah Lutfi Z. A (Kader Prodi Pendidikan Biologi)

Islam, merupakan agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Sebelum Islam datang, masyarakat Arab sedang berada pada zaman jahiliyah atau zaman kebodohan, dimana hokum-hukum dan budayanya cenderung jauh dari nilai moral. Salah satu contohnya, ialah, banyak bayi-bayi dan anak perempuan yang dibunuh hidup-hidup, serta kepercayaan-kepercayaan kepada hal-hal ghaib yang kemudian malah mereka percayai Tuhan.

Kemudian, hingga pada puncak permasalahannya, ketika Makkah diserang oleh pasukan Abrahah, Allah kemudian juga memberi bala bantuan dengan datangnya pasukan burung Ababil. Dan pada tahun tersebut juga, lahirlah seorang Nabi yang bernama Muhammad. Nabi Muhammad kemudian tumbuh menjadi laki-laki dewasa. Kemudian beliau menikah dengan Khadijah pada umur 25 tahun. Seiring berjalannya waktu, Nabi Muhammad meratapi keadaan umatnya, kemudian beliau menyendiri di gua hira. Kemudian, pada suatu kesempatan datanglah Jibril dan memberikan wahyu pertama yakni Surat Al-Alaq 1-5. Dakwah islam pada masa ini dilakukan dalam dua metode yaitu sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.

Nabi Muhammad lalu hijrah dari Mekkah ke Madinah. Ditemani dengan kaum yakni kaum Muhajirin kemudian sampai di Madinah, beliau disambut oleh kaun Anshor. Hijrah Nabi Muhammad ke Madinah, berisikan dakwahnya tentang menegakkan satu hokum, dan perintah tentang Islam dan wahyu yang diturunkan dari Allah SWT.

Setelah Nabi Muhammad wafat, estafet kepemimpinan herus terus berlanjut, karena umat juga mulai risau dan kehilangan arah. Kemudian dilakukan musyawarah yang dilakukan oleh sebagian besar dari dua kelompok yakni Muhajirin dan Anshor. Menghasilkan keputusan khalifah pertama yakni khalifah Abu Bakar.

Pada masa pemerintahan khalifah Abu Bakar, umat masih dilanda kebingungan. Banyak bermunculan Nabi palsu, kaum murtad, dan umat mulai enggan membayar zakat. Namun, Abu Bakar mampu memberantas semua itu pada masa pemerintahannya. Dilanjut pada masa Umar Bin Khatab yang pada pemerintahannya melakukan perluasan wilayah, pembuatan kalender hijriah dan pembentukan diwan-diwan pemerintahan. Kemudian pada masa Ustman Bin Affan, Islam mengalami perkembangan pada pengaturan pemerintahan, administrasi dan penyusunan mushof serta penyatuannya, yang dikenal sebagai mushof Ustmani. Lalu pada masa Ali Bin Abi Thalib, Islam dilanda perpecahan golongan, antara golongan yang membela Ali (Syiah), yang membela Muawiyah (Khawarij) dan adanya pertentangan dengan Aisyah istri Nabi. Pada masa ini, juga mengalami perluasan wilayah.

Kejayaan Islam berlanjut pada masa Dinasti Bani Ummayah dan Abbasiyah, Islam berkembang, tidak hanya wilayah, pengetahuan, budaya dan tokoh/imam besar juga lahir pada masa ini.

Berkembangnya Islam memunculkan/menimbulkan ide-ide dan usulan baru yang sejalan dengan berkembangnya keadaan hidup, baik ilmu pengetahuan, social, dan sebagainya. Disanalah muncul gagasan baru dalam menagani masalah-masalah baru. Pada masa ini dikenal dengan istilah Islam modern yang melahirkan tokoh-tokoh seperti Jamaludin, Moh. Abduh, Sayyi Ahmad dan sebagainya. Masing-masing dari mereka memiliki gagasan untuk memperbaharui Islam seiring berkembangnya segala macam persoalan hidup.

Perkembangan ilmu pengetahuan juga mempengaruhi kejayaan suatu bangsa. Eropa yang dulu dikuasai Islam, beralih kepada kedudukan bangsa Barat. Penemuan-penemuan yang terlebih dahulu ditemukan oleh ilmuan muslim, harus terrelakan hilang/hangus di bakar oleh bangsa Barat. Kemudian muncullah istilah Sains atau pengetahuan oleh Barat. Hingga sampai sekarang, ilmu-ilmu tentang sains tersebut masih dikuasai oleh Barat. Maka dari itu, kita sebagai kaum muslim yang sekaligus “melek” akan ilmu pengetahuan atau sains harus mampu memahami ilmu tersebut, guna mengembalikan masa kejayaan Islam dan membuktikan bahwa kitalah pencetus-pencetus asli sains yang bersumber pada Al-Qur’an.

*Resume Materi Keislaman DAD PK IMM Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top